Diduga Lakukan Politik Uang, Sukimin Cakades Nomor Urut 2 Layangkan Surat Sanggahan Ke Panitia Penyelenggara

Sukimin Cakades Nomor Urut 02

BANYUASIN, SUMSELJARRAKPOS.com – Pasca perhitungan suara pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Sidomulyo 18 kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin menyisakan sejuta permasalahan yang berujung sengketa di dalam pelaksanannya.

Pasalnya, calon kades (Cakades) Nomor Urut 02, Sukimin telah melayangkan surat sanggahan keberatan atas Putasan Perhitungan suara kepada panitia Pilkades, beberapa hari yang lalu.

Bacaan Lainnya

Sukimin membenarkan pihaknya telah mengirimkan surat sanggahan yang diterima oleh pihak panita pada Jumat (19/11) kemarin dalam kasus dugaan politik uang yang dilakukan oleh lawan politiknya.

“Kami menduga oknum berinisial “M” yang merupakan lawan politik dalam pemilihan kades beberapa hari yang lalu, diduga telah membagikan sejumlah uang kepada masyarakat guna mendapatkan dukungan dan suara dalam pencoblosan, pada Rabu (17/11) kemarin,”ujar Sukimin saat diwawancarai di kediamannya, Minggu (21/11).

surat sanggahan keberatan Calon Nomor Urut 02

Dikatakannya pula atas dugaan tersebut, kami telah mengirimkan surat sanggahan maupun menghadirkan saksi-saksi kunci ke panitia pelaksana, pada  Jumat (19/11) malam., “Namun, pihak panitia belum dapat menyelesaikan prihal dugaan tersebut sehingga dilimpahkan ke tim Kecamatan,”kata Sukimin seraya memanjatkan doa kepada Ilahi.

“Kami meminta pihak penyelenggara bisa memberikan sanksi tegas apabila hal tersebut terbukti. Pada intinya kami meminta keadilan atas dugaan politik uang atau dengan katalainnya kecurangan tersebut. Apabila sanggahan kami ini belum menemukan titik terangnya, maka kami akan tempuh jalur hukum yang sesuai dengan peraturan yang berlaku,”pungkasnya. 

Sementara itu, salah satu pendukung Cakades Nomor urut 02 yang enggan di sebutkan namanya ini mengatakan kami selaku pendukung akan terus mengawal kasus dugaan politik uang ini.

“Kami bisa menghadirkan saksi-saksi terkait dugaan politik uang yang dilakukan oknum tersebut, “tegasnya.

Ia pun meminta kepada pihak penyelenggara agar netral dalam menyelesaikan dugaan ini, pungkasnya

Ditempat yang berbeda, salah satu masyarakat yang keberatan disebutkan namanya, membenarkan bahwa dirinya telah diberikan uang sebesar 100rb berserta gula 2 kg dan susu 1 kaleng yang diberikan oleh salah satu oknum warga yang diduga berasal dari oknum calon kades berinisial M tersebut.

“Benar, Kami telah menerima uang 100rb berserta gula 1 kg dan susu 2 kaleng dari salah satu oknum, yang kami duga disuruh oleh oknum berinisial M itu,”tutupnya seraya menunjukan barang bukti.

Barang Bukti Dugaan politik uang yang diterima oleh salah satu warga

Ditempat yang berbeda, Ibrahim selaku ketua panitia Pilkades Sidomulyo, membenarkan pihaknya, telah menerima sanggahan dari calon nomor urut 02 atas nama Sukimin.

“Kami telah menerima sanggahan keberatan dari calon nomor urut 02 pada Jumat (19/11) kemaren,”ujar Ibrahim saat ditemui dikediamannya.

Ia juga mengatakan atas sanggahan tersebut, kami sudah melakukan pembahasan dan pemanggilan saksi saksi terkait sanggahan tersebut.

“Dari hasil pembahasan tersebut, berita acaranya sudah diserahkan ke ketua BPD Sidomulyo 18,”ujarnya.

Ketua Panitia Pelaksana Pilkades Sidomulyo 18 Kecamatan Muara Padang saat diwawancari di kediamannya

Dikatanya pula, kami telah melaksanakan kewajiban dan prosedur. “Untuk menjaga kondisi kondusif Desa, kami menyerahkan sanggahan ini ke pihak Kecamatan,”pungkasnya.

Sementara itu, saat di datangi kediaman Ketua BPD Sidomulyo 18, Sujadi belum berhasil ditemui, menurut informasi dari istrinya bahwa yang bersangkutan lagi keluar alias tidak ada di tempat. Hingga berita ini terima oleh redaksi belum juga berhasil ditemui. (Tim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *