oleh

PT KPI RU III Plaju Silaturahmi dengan Pemkab Banyuasin

PALEMBANG, SUMSELJARRAKPOS.com – PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) III Plaju terus menjalin silaturahim dengan para pemangku kepentingan. Hari ini (Kamis, 18/11) General Manager (GM) PT KPI RU III Plaju Edy Januari Utama beserta jajaran manajemen menggelar audiensi bersama Bupati Kabupaten Banyuasin. Bertempat di Rumah Dinas Bupati di Komplek Perkantoran Pangkalan Balai, kedatangan Edy dan rombongan disambut hangat oleh Bupati H. Askolani Jasi.

Dalam sambutannya, Bupati Askolani berharap terus terjalin sinergi dan kerjasama yang sebelumnya telah dijalin antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin dan PT KPI RU III Plaju.

Di Kabupaten ini, terdapat Kilang Sungai Gerong yang juga merupakan unit bisnis PT KPI RU III Plaju. Dikatakan Bupati pula, keberadaan Pertamina di Sungai Gerong merupakan bagian tak terpisahkan dan sangat berarti dalam mendukung pembangunan di Banyuasin. “Selama ini kami sudah banyak dibantu oleh Pertamina, baik oleh dana CSR maupun proyek pembangunan lainnya,” ujar Bupati.

Mewakili Pemkab, Bupati juga menyatakan siap membantu apa yang menjadi harapan PT KPI RU III Plaju berkaitan dengan kegiatan operasional di Kabupaten Banyuasin. “Pada prinsipnya kami siap melanjutkan dan meningkatkan kerjasama yang sudah kita jalin,” pungkas Bupati.

Sebagai GM PT KPI RU III yang baru menjabat, Edy pun berharap kerjasama dengan Pemkab Banyuasin yang sebelumnya telah dijalin oleh GM terdahulu dapat terus berlanjut. Sebagai perusahaan yang memiliki sejarah panjang sejak 1904, unit proses Kilang Pertamina Plaju terbagi di dua area, yakni Kilang Plaju yang masuk wilayah Kota Palembang dan Kilang Sungai Gerong yang masuk wilayah Kabupaten Banyuasin.

Kepada Bupati, Edy menyampaikan bahwa saat ini tengah terjadi transformasi di tubuh Pertamina. PT KPI RU III saat ini menjadi salah unit pengolahan Kilang Pertamina Internasional sebagai subholding refining & petrochemical Pertamina Group.

Baca   Di Duga Tidak Ada Dasar yang Jelas, Pemilik Tanah Tolak Ukur Ulang

Sebagai BUMN, Edy mengatakan PT KPI RU III Plaju juga menjadi pionir beberapa kegiatan yang selaras dengan tujuan pembangunan dari pemerintah. Seperti saat ini, PT KPI RU III Plaju sedang berjuang dalam meraih penghargaan PROPER peringkat emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“Selama delapan kali berturut-turut, kita meraih peringkat PROPER Hijau, dimana kita comply to regulation (mematuhi peraturan). Dengan meraih PROPER Emas, artinya kita lebih dari sekadar patuh pada peraturan,” pungkas Edy. Untuk itu, Edy berharap Pemkab Banyuasin bersama PT KPI RU III Plaju dapat terus menjalin kerjasama dan terus saling mendukung.

Berkaitan dengan itu, maka PT KPI RU III Plaju selalu berupaya menjaga aspek sosial dan lingkungan, termasuk dengan warga ring 1 operasional perusahaan. Sebagai tetangga terdekat dari unit bisnis Pertamina, Edy berharap interaksi antara PT KPI RU III Plaju dengan Pemkab Banyuasin berjalan baik.

“PROPER dan penghargaan lainnya adalah bonus, namun pada intinya kita berharap terus terjalin silaturahim yang baik,” sambung Edy. Terakhir, ia juga berharap keberadaan unit bisnis PT KPI RU III bisa dirasakan dan berdampak pada masyarakat di wilayah operasional.

Setelah memberi kata sambutannya, Edy dan Bupati Askolani saling memberikan cenderamata dan dilanjutkan dengan diskusi antar kedua belah pihak. Adapun Bupati Askolani didampingi oleh Asisten 2, Kepala Dinas (Kadin) Sosial, Kadin Lingkungan Hidup, Kadin Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan), Kadin Perikanan, dan perwakilan Badan Perencanan Pembangunan Daerah (Bappeda). Stafsus Bidang Media Politik dan Dokumentasi.

Adapun dari jajaran manajemen PT KPI RU III Plaju yang mendampingi Edy antara lain Manager Engineering & Development, Managel Legal, Area Manager Communication, Relations & CSR, dan Region Manager Asset Operation. (Ril/DN)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya