oleh

PT RMK Tak Kunjung Realisasikan Kompensasi, Warga Selat Punai Gandus Audiensi dengan Polda Sumsel

PALEMBANG, SUMSELJARRAKPOS.com – PT Rantai Mulia Kencana (PT RMK) Energi tak kunjung realisasikan konpensasi, warga Selat Punai Gandus Audiensi dengan Polda Sumsel, bertempat di Ruang Dirintelkam Polda Sumsel pada Kamis (09/09) Kemarin. Warga merasa pihak perusahan tidak serius menindaklanjuti keluhan masyarakat terkait pencemaran debu batubara.

Warga Selat Punai Kelurahan Pulokerto Kecamatan Gandus Palembang, secara resmi melalui Ikatan Solidaritas Warga Gandus (IKSOWDUS) bersama Kuasa Hukum mendatangi Polda Sumsel.

Hadir dalam audensi tersebut, Ketua IKSOWDUS, Julianto; Dirintelkam Polda Sumsel Kombes Pol Ratno Kuncoro, S.IK., M.Si.; Perwakilan Manajer Humas dan HRD PT RMK Energi, Arya; Kuasa Hukum Warga; Ketua RT 25, Mardi; Ketua RT 26, Kamaludin; dan sejumlah perwakilan warga.

Ketua IKSOWDUS, Julianto dalam audensi tersebut memaparkan secara singkat kronologi terjadinya gugatan terhadap PT RMK Energi. Menurutnya, dari Tahun 2016 warga telah melayangkan surat teguran resmi dan tuntutan kompensasi ke PT RMK Energi namun tidak membuahkan hasil. Di pertengahan tahun 2020 tepatnya bulan Juni,,terjadi pertemuan antara pihak perusahaan dengan masyarakat.

Pihak perusahaan saat itu  berjanji memberikan bantuan berupa pos kesehatan, bantuan uang kerohiman, bantuan makanan tambahan untuk anak sekolah, dan sembako.

Memasuki pertengahan tahun 2021. di bulan Juni saat memasuki musim angin kencang, debu batubara sudah mulai berterbangan, Mardi selaku ketua RT 25 Selat Punai berkoordinasi dengan Humas PT RMK Energi terkait bantuan yang sudah dijanjikan.

Pihak perusahaan mengatakan harus mengumpulkan data warga kembali dan akan diajukan terlebih dahulu. Di sinilah warga merasa pihak perusahan tidak serius menindaklanjuti keluhan masyarakat terkait pencemaran debu batubara.

“Kekecewaan masyarakat memuncak sehingga terjadilah laporan Dumas ke Polda Sumsel tersebut,” sambung Julianto dalam paparannya

Sigit Muhaimin ,S.H selaku kuasa hukum warga dalam audiensi menyampaikan ada beberapa tuntutan masyarakat diantaranya meminta fasilitas kesehatan, dana kerohiman, sembako dan masker untuk anak anak sekolah.

“Kami berharap semua tuntutan masyarakat dapat segera di realisasikan oleh pihak perusahaan,” pungkasnya

Sementara itu, Manager Humas dan HRD PT RMK Energi, Arya mengatakan pihaknya akan menyampaikan ke pihak perusahaan terkait tuntutan masyarakat tersebut. “Insya Allah dalam waktu dekat jika di sepakati akan langsung di realisasikan”katanya.

“Bantuan tersebut akan secara kontinyu diberikan kepada masyarakat setiap tahunnya,”tungkasnya.

Dir Intelkam Polda Sumsel, Kombes Pol Ratno Kuncoro, S.IK, M.Si menyampaikan terkiat permasalahan ini agar dapat di mediasi antar kedua belah pihak hingga ada solusi dan titik temu di antara kedua belah pihak sehingga tidak lagi terus berlanjut proses di ranah hukum.

“Kami akan menjadwalkan untuk turun langsung ke Lapangan (Selat Punai red) guna mengecek secara langsung keadaan kondisi yang di alami masyarakat,”ujarnya

Laporan : JO | Editor : MN

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya