oleh

Kenikmatan Sambal Tigo

PALEMBANG, SUMSELJARRAKPOS.com – Mungkin sebagian masyarakat belum tahu dengan sambal tigo?  meski bisa saja menyantap atau bahkan membuatnya. Namun bagi kaum emak-emak di Kota Palembang mungkin sambal tigo tak asing lagi.  Sambal tigo  itu jenis sambal dasar. Bisa jadi daerah lain ada jenis sambal ini dengan nama berbeda.

Dinamakan sambal tigo sebab bahan membuatnya ada 3 (tiga), yaitu cabe, garam dan terasi maka disebut sambal tigo. Rasanya bagaimana? Jangan tanya. Sedap dan bikin nafsu makan bertambah sekian kali lipat, bahkan saking sedapnya, nasi satu bakul pun raip tak tersisa. bew hehe…!!

Sambal tigo itu merupakan sambal dasar. Biasanya kaum emak-emak di Palembang sering membuat sambal ini. Selain praktis sambal ini juga tergolong awet karena kadar airnya sangat rendah. Apalagi kalau disimpan di refrigerator. Syaratnya memang bahan dan proses pembuatan harus bersih.

Jadi bagi kaum emak-emak tidak  perlu mengulek tiap hari, cukup seminggu sekali bikin sambal tigo. Tidak perlu tiap hari mengulek cabai dan bakar terasi, praktis kan? 

Bagi masyarakat suku komering sambal tigo dikenal dengan sebutan sia lalak. Bagi masyarakat suku komering sia lalak merupakan salah satu sambal yang sudah ada dari zaman nenek moyang dulu kala selain sambal jokjok

Penasaran bagaimana cara membuat sambal tigo atau sia lalak ini. Begini caranya!

Pertama-tama, siapakan dulu sekitar 250 gram cabe merah, lalu dibersihkan tangkainya dan dicuci (resep keluarga, setelah dicuci di celor air panas sebentar). Diulek dengan 1-2 sendok makan garam dan sekitar 50 gram terasi bakar. Setelah selesai, dimasukkan ke dalam wadah tertutup. 

Sambal tigo atau sia lalak ini akan bertambah nikmat apabila disantap dengan nasi hangat dan rebus lalapan, ikan bakar dan lain sebagainya. tak bisa dibayangkan kenikmatannya. Bagi yang penasaran silahkan mencoba..!! (DN)
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya