Wawako Palembang Firianti Dampingi DPR RI Hj Renny Astuti Berikan 1100 Paket Ikan Segar dan Makanan Olahan Ikan dalam Rangka Bulan Mutu Karantina- BKIPM Peduli Sosial pada 2021

PALEMBANG, SUMSELJARRAKPOS.com – Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda mendampingi kunjungan anggota DPR RI Komisi IV Fraksi Gerindra Dapil Sumatera Selatan I , Hj Renny Astuti SH SpN bekerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI dalam hal ini Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) memberikan bantuan yakni 1100 paket ikan segar dan makanan hasil olahan ikan dalam rangka Bulan Mutu Karantina- BKIPM Peduli Sosial pada 2021. 

Bantuan pedana tersebut, secara simbolis diberikan kepada masyarakat di Kantor Camat Alang Alang Lebar Palembang, pada Jumat (11/06/21). 

Bacaan Lainnya

“Kalau wilayah khusus Kota Palembang, hampir seluruh Kecamatan akan kita berikan bantuan ini. Jadi 1100 paket ini nantinya akan kita droping ke masing-masing Kecamatan,” kata Renny

Bantuan ini, katanya dalam rangka Bulan Mutu Karantina- BKIPM Peduli Sosial yang bekerjasama dengan KKP RI dengan memberikan 1100 paket bantuan yang berisikan 2 kilogram ikan segar dan makanan hasil olahan ikan.

Reni juga menyampaikan, bahwa pihaknya juga telah meminta kepada masing-masing Kementerian yang menjadi mitra Komisi IV untuk dapat memberikan bimbingan-bimbingan teknis kepada seluruh masyarakat.

“Jadi nantinya masyarakat kita harapkan untuk dapat tetap mendapatkan penghasilan tambahan kedepannya,” ujarnya.

Ditambahkannya, terkait dengan jenis ikan belida dan gabus khususnya ikan belida tergolong  ikan  yang sudah terbilang langkah, dan tentunya tidak bisa sembarangan di konsumsi karena sudah termasuk ikan yang di lindungi keberadaannya.

“Karena ikan ini dilindungi maka izin budidayanya pun harus mendapatkan izin  Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).  Dengan kondisi ini, maka masyarakat yang ingin melakukan budidaya ikan tersebut harus memiliki izin dari KLHK. Jika tidak maka akan dianggap melanggar,”ungkapnya. 

Karena itu, pihaknya saat ini tengah berupaya agar izin budidaya ikan tersebut dikembalikan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sehingga masyarakat yang tertarik budi daya ikan tersebut, proses perizinannya dapat lebih mudah.

“Kami sedang mendorong ini, karena saat ini masyarakat yang ingin budidaya ikan belida terkendala dengan izin,” pungkasnya. 

Sementara itu, Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kehadiran Anggota Komisi IV DPR RI, Hj Renny Astuti SH SpN yang telah memberikan bantuan untuk masyarakat.

“Kalau tidak salah ada 1100 paket yang diberikan semuanya untuk masyarakat kota Palembang yang terdampak Covid-19 yang menyebar di 18 Kecamatan dan 107 Kelurahan,” kata Fitrianti Agustinda.

Fitri juga mengatakan, bahwa dirinya juga telah menyampaikan beberapa keinginan dari para nelayan untuk mendapatkan berbagi bantuan, baik dari perahu kayu serta terkait pembudidayaan jenis ikan yang menjadi ciri khas kota Palembang, seperti ikan Gabus serta ikan Belido.

“Kita ketahui juga bersama bahwa ada beberapa jenis ikan khas kota Palembang yang sudah semakin lama semakin punah, yaitu Ikan Gabus dan Belido. Tadi sudah disambut baik dan InsyaAllah bantuan itu cepat terealisasi,” tungkasnya. (DN)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *