Sebanyak 7 Anggota BPD Lubuk Keliat Hingga Kini Belum Juga Dilantik

OGAN ILIR, SUMSELJARRAKPOS.com – Momentum penetapan keanggotaan Badan Perwakilan Desa (BPD) di Desa Lubuk Keliat Kecamatan Lubuk Keliat Kabupaten Ogan Ilir-Sumsel periode 2021-2027 telah lama berlalu sejak bulan Februari.  Empat bulan telah berlalu dan detik-detik penetapan itu masih terekam jelas di benak ke tujuh (7) Anggota BPD terpilih tersebut.

Namun hingga kini, pelantikan dan  pengukuhan  terhadap ke 7 anggota BPD terpilih tersebut,belum juga terlaksanakan. Demikian keluhan yang disampaikan oleh Mufassirin salah satu anggota BPD terpilih Desa Lubuk Keliat mewakili rekan-rekannya kepada media ini, Kamis (10/06/21) siang di rumahnya.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, Mufassirin mengatakan, dirinya bersama anggota BPD lainnya sempat menanyakan mengenai keterlambatan pelantikan mereka kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Ogan Ilir melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemerintah Desa,  M. Panca Rahmat pasca baru dilantik beberapa waktu lalu. Melalui Whatsappnya Panca akhirnya merespon keluhan mereka dan mengatakan pada baru-baru ini, tunggu saja dalam minggu-minggu ini tepatnya di bulan Juni,ungkapnya.

Mufassirin kembali membeberkan, menurutnya terkait Pergantian Antar Waktu (PAW) yang saat ini diisi oleh Ketua BPD lama untuk mengisi kekosongan selama belum dilantiknya BPD baru. Seharusnya penunjukan PAW pun tetap disertai pelantikan,tetapi ini tidak dilakukan, paparnya lagi.

Sebelumnya, masih katanya, Ia pernah membicarakan permasalahan ini kepada pihak DPMD Ogan Ilir tersebut menjelaskan bahwa proses pemberkasan untuk menuju pelantikan bukanlah hal mudah, ada banyak tahapan-tahapan yang harus dilakukan mulai dari pengurusan berkas di Kecamatan hingga ke Kabupaten. Dan semua itu harus dilalui dengan berjenjang,ujarnya.

Sementara menurut Kabid Pemerintahan Desa Dinas PMD OI, M. Panca Rahmat saat dikonfirmasi di ruang kerjanya mengatakan, tersendatnya proses pelantikan Anggota BPD Lubuk Keliat ini terjadi lantaran keterlambatan dalam hal pemberkasan yang baru dikirimkan pihak Kecamatan Lubuk Keliat tersebut.

“Berkas mereka baru dikirim tanggal 7 Mei tadi. Jadi keterlambatan pelantikan ini dikarenakan kesalahan mereka sendiri bukan dari kami”,tuturnya.

Panca Rahmat menambahkan, sebagai atasan dari Kades dan BPD, seharusnya pihak Kecamatan mampu menyelesaikan permasalahan lambatnya pemberkasan ini dengan cara memanggil pihak panitia dan menanyakan mengapa hal semacam ini bisa terjadi,imbuhnya.

Selanjutnya, Mufassirin dan anggota BPD lainnya saat ini masih menunggu kepastian kapan mereka akan dilantik dan berharap permasalahan ini bisa segera terselesaikan. Namun apabila tidak ada titik penyelesaian, Mufassirin akan menghadap Bupati Panca secara langsung bersama rekannya.

“Harapan kami, semoga masalah ini bisa cepat selesai dan kami segera dilantik dalam waktu dekat”,pungkasnya. (F’R)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *