Akibat Bencana Air Pasang Gorong Gorong Jebol, Begini Harapan Kades dan Warga Jiwa Baru

MUARA ENIM, SUMSELJARRAKPOS.com – Warga Desa Jiwa Baru Kecamatan Lubai Kabupaten Muara Enim mengeluhkan  gorong gorong jebol yang menghubungkan antara Dusun V (Trans Banyu Rawang red) ke Dusun VI (Marren red). Kondisi gorong gorong tersebut hampir tidak bisa di lewati dan dikhawatirkan akan membahayakan pengguna jalan baik R2 maupun R4. 

Walaupun  kini sudah ada perbaikan seadanya dari warga setempat dengan menampal gorong gorong yang jebol dengan menggunakan kayu namun demikian tidak bisa menjamin keselamatan pengguna jalan baik itu kendaraan maupun orang yang melintas. 

Bacaan Lainnya

Kepala Desa Jiwa Baru, Panji sewaktu di konfirmasi oleh wartawan media sumseljarrakpos.com di kediamannya mengatakan, pembangunan gorong gorong tersebut sudah lama, namun saya tidak ingat dengan jelas tahun berapa pembangunanya, “pembangunan gorong gorong tersebut jika tidak salah sudah hampir sepuluh tahun”ujar Kades pada Kamis (03/06/21) lalu. 

“Bahkan kami sudah mengajukan proposal ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muara Enim sekitar Bulan Apri yang lalu,”tambahnya. 

Lanjut, Panji mengatakan penyebab jebolnya gorong gorong tersebut diakibatkan oleh luapan air yang cukup tinggi (pasang red)  serta hamtaman derasnya arus air yang mengalir. “Bisa anda bayangkan warga yang tinggal di Dusun V dan VI tersebut berjumlah kurang lebih 500 Kepala Keluarga (KK)  kalau jalan ini tidak bisa di gunakan di karnakan gorong gorong ini jebol sedangkan gorong gorong tersebut merupakan akses utama yang menghubungkan kedua Dusun tersebut,”keluh Kades. 

“Akibatnya, akan berdampak lumpuhnya perekonomian warga yang tinggal di sana. Lantaran askes utama mengalami kerusakan (gorong gorong jebol red). Sebab warga tidak bisa menjual hasil tani (getah karet), warga juga mengalami kesulitan untuk menuju ke pasar tradisional (kalangan red),”tandasnya.

Lebih lanjut, Kades menyampaikan pihaknya berharap kepada BPBD Muara Enim agar dapat segera mungkin gorong gorong yang jebol dapat di bangun. Karena gorong gorong tersebut merupakan askses utama  dalam menunjang perekonomian warga.

“Kami minta pihak BPBD Muara Enim segera membangun kembali gorong gorong yang jembol,”pungkas kades. 

Panji juga menghimbau kepada seluruh warga Desa Jiwa Baru agar tetap tingkatkan waspada apabila melintas gorong gorong tersebut, dan tetap patuhi protokol kesehatan dengan cara 5 M yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas sehingga terhindar dari penyebaran covid 19. 

Laporan : Fauzi | Editor : DN

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *