Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2021, Semoga Sumatera Selatan Mampu Membawa Kemaslahatan Bagi Rakyatnya

PALEMBANG, SUMSELJARRAKPOS.com – Dalam rangka peringatan hari lahir pancasila yang jatuh pada 1 juni 2021.Berkenan peristiwa 1 juni 1945 dan diteruskan sebagai hari lahir pancasila. Hal demikian, Ditandai juga dengan penandatanganan Keppres No 24 / 2016 tentang hari lahir pancasila serta menetapkan 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila serta menetapkan 1 Juni sebagai hari libur nasional oleh Presiden Joko Widodo.

Berkenan dengan Hari Lahir Pancasila , Penulis, Marsidi, Wartawan Sumsel Jarrak pos mengkomunikasikan hal tersebut dengan sejumlah narasumber di wilayah sumatera selatan.

Bacaan Lainnya

1. M. Nasir (Pimpinan Redaksi Sumsel Jarrakpos)

Pondasi bangsa ini ditandai dengan dasar negara. Pancasila menjadi pandangan hidup bangsa dan pedoman bernegara kita. Yang penting dalam hal ini, Adalah bagaimana kita bisa mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari hari. Baik dalam bermasyarakat, bernegara, maupun menjalankan profesi.

Wartawan adalah profesi yang juga telah hadir sejak zaman perjuangan dulu. Karena sebagai pilar ke empat dalam ranah demokrasi, Pers atau jurnalis memiliki peran strategis dalam menjalankan profesinya.

Wartawan berpedoman kepada kode etik.  Kode etik itu, Acuan kepada Pancasila.  Artinya Pers dalam menjalankan fungsinya adalah mengutamakan Pancasila sebagai Dasar Pedoman nya.

2.Irfan Wibowo SH ( Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Muara Enim) Berkenan dengan tanggal 1 juni sebagai Hari lahir Pancasila, Sebagai Kajari Muara Enim, Saya beserta jajaran berkomitmen akan melakukan penegakan hukum yang berintegritas, Profesional, Semangat perubahan, Kedepankan hati nurani yang selaras dengan nilai nilai luhur Pancasila.

3. Firman ( Tokoh Pemuda Dan Pemerhati Sumatera Selatan)

Revolusi atau Retardasi, Mari kita bersama sama bangkit. Pahamilah itu dan lebih dimengerti. Tegakan semangat Fundamental kehidupan berbangsa dan bernegara , Yang Adil dan Sejahtera. Salah satunya mencakup aspek kesejahteraan (Taraf Ekonomi / GNP Sumsel) dan khususnya demi kemaslahatan umat beragama. Doa dan harapan selaku Putra Sriwijaya, Semoga Sumatera Selatan mampu membawa kemakmuran bagi rakyatnya dan Selamat Memperingati Hari Lahir Pancasila.

4. Firdaus Komar ( Ketua PWI Sumsel)
Pancasila ini harus diterapkan secara operasional. Jangan sekedar ideologi. Artinya Pengamalan Pancasila sebuah nilai harus dimulai dari para pemimpin pejabat dan rakyat.

5. KH Gerentam Bumi ( Tokoh Agama Kabupaten Muara Enim)
Pancasila adalah dasar negara kita. Jadi diharapkan masyarakat dan pejabat mengamalkan dalam kehidupan sehari hari. Supaya negara tetap utuh. Terjalin persatuan dan kesatuan.  Sebagai salah satu bagian dari rasa syukur bangsa indonesia bahwa Pancasila sebagai Dasar Negara yang menghimpun bangsa dari Sabang sampai Merauke.

Di akhir tulisan ini, Penulis berharap agar seluruh komponen bangsa terutama sumatera selatan, agar mampu membawa semangat nilai luhur Pancasila menuju Sumatera Selatan yang mampu membawa keadilan dan kemakmuran bagi rakyatnya.
” Dirgahayu Pancasila, 1 juni 2021 “.

Laporan : Marsidi | Editor : FB

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *