Askolani Berharap di Akhir Masa Jabatan Semua Rumah yang Tidak Layak Huni Tidak Ada Lagi di Kabupaten Banyuasin

BANYUASIN, SUMSELJARRAKPOS.com – Rencananya pemerintah Kabupaten Banyuasin akan merenovasi semua rumah yang tidak layak huni di Kabupaten tersebut. Dari data yang dihimpun dari dinas dan instansi Kabupaten ini memiliki puluhan ribu rumah yang tidak layak huni.

“Sampai akhir jabatan nanti rencananya akan tidak ada lagi rumah yang tidak layak huni di Kabupaten ini,” jelas Bupati Banyuasin Askolani saat ditanyai dirumah dinasnya Senin (31/05/21)

Bacaan Lainnya

Dari data ada sebanyak 43 ribuan rumah yang tidak layak huni. Pada tahun lalu sudah ada sebanyak 3.800, rumah yang dibeda. Sedangkan tahun ini sedikitnya ada 10ribuan rumah yang akan dibangun. Jadi pada tahun ini akan ada sebanyak 13.800 rumah yang sudah dibeda.

Lebih jauh ia mengatakan, bantuan dari dana APBN ada sebanyak 4.000 rumah lebih. Sedangkan sisanya akan diambil dari dana APBD Provinsi dan APBD Kabupaten. Selain itu bantuan dari dana CSR para perusahaan juga ada.

“Kami sudah mengajukan kepada para perusahaan untuk membantu membangun renovasi rumah. Tapi tentu saja kami tidak bisa memasak perusahaan untuk memberikan bantuan. Sejauh ini perusahaan sudah aktif mau membantu,” kata dirinya.

Lebih jauh ini menjelaskan, bedah rumah yang dilakukan bervariasi. Dari kondisi rumah yang direhap juga berbeda. Ada yang direhap atapnya saja, ada yang lantai dan juga dindingnya saja. Ada juga yang dilakukan bedah rumah total. Kisaran biaya total beda rumah mencapai angka Rp30juta. Sedangkan untuk rehap lantai atau atap saja maka dikisaran 15 sampai 20jutaan.

“Kita juga akan meminta bantuan dari pihak lain. Saya berharap di akhir masa jabatan semua rumah yang tidak layak huni tidak ada lagi di Kabupaten ini,” harapnya. (DN)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *