Gerakan Aksi Solidaritas Peduli Palestina di BAM Palembang

Gabungan aktivis pemuda, mahasiswa, LSM , OKP, Ormas mengelar aksi solidaritas peduli Palestina di Bundaran Air Mancur (BAM), Masjid Agung Palembang, Sumatera Selatan pada Jumat (21/05/21) siang

PALEMBANG, SUMSELJARRAKPOS.com – Gabungan aktivis pemuda, mahasiswa, LSM , OKP, Ormas mengelar aksi solidaritas peduli Palestina di Bundaran Air Mancur (BAM), Masjid Agung Palembang, Sumatera Selatan pada Jumat (21/05/21) siang. 

Aksi ini digelar sebagai bentuk kepedulian dan keprihatinan sehubungan dengan telah terjadinya krisis kemanusian di Palestina. Dalam pelaksanaannya para peserta aksi tetap mematuhi dan mengikuti protokol kesehatan secara ketat. 

Aksi tersebut,  di koordinatori oleh Yan coga, Ruben, Arteli, Arie Anggara, Sanusi, Darsan selaku Koordinator Aksi dan Adi Merdeka, Hardaya, Hadi Milenial, Charma Afrianto, Mukri, Suparman Romans serta Empit sebagai koordinator Lapangan.

Gerakan aksi damai tersebut mengusung tema ” Gerakan Aksi Peduli Palestina“. Berikut ada beberapa isi statement pernyataan sikap di dalam aksi solidaritas untuk  Palestina tersebut, yakni;

  1. Sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, mak penjajahan diatas dunia harus di hapuskan karena tidak sesuai dengan Prikemanusiaan dan prikeadilan.
  2. Mendesak pemerintahan Indonesia untuk mengambil sikap yang jelas dan tegas sertaa mengambil peran maksimal dalam mencari solusi terbaik. sebagaimana amanat yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945.
  3. Menghimbau kepada pemerintah republik Indonesia untuk mengambil prakasa  dan langkah langkah diplomatic untuk menyelesaikan masalah Palestina secara komprehensif  dengan kekuatan diplomatiknya pemerintah Indonesia dapat menganggkat kembali alternatif two-states solution sebagai bagian dari road map perdamaian  Israel-Palestina.
  4. Mengajak kepada seluruh muslimin dimanapun berada untuk membantu bangsa Palestina dalam bentuk apapun baik material maupun spiritual demi keselamatan dan kemuliaan Palestina sebagai suatu bangsa.
  5. SAVE Masjid AL-Asqo Palestina, Serta mengutuk keras agresi milter zionis Israel terhadap Negara Palestina.
  6. Menyeruhkan kepada umat beragama, khususnya umat islam untuk mengalang solidaritas politik kemanusiaan, dukungan spiritual bagi perjuanganrakyat palestina sesungguhnya semua agama mengajarkan kepada pemeluknya untuk membela kaum yang tertindas dan terdalami, walaupun nuansa keagamaannya sangat kuat, konflik Israel-Palestina bukanlah merupakan konflik agama dan antar agama, tetapi lebih merupakan konflik politik. Karena itu, dalam memberikan dukungan terhadap perjuangan rakyat palestina hendaknya lebih mengedepankan aksi aksi solidaritas moral,spiritual, kemanusiaan, dan politik dengan menghindari aksi yang anarkis.
  7. Kemerdekaan untuk bangsa Palestina harga mati.

Selanjutnya, para peserta Aksi membubarkan diri dengan teratur dan tertib dan tentunya tetap mematahui protokol kesehatan.

Laporan : Danu | Editor : DN

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *