Akbar Alfaro : Mendukung Melestarikan Sejarah Situs Talang Tuo

PALEMBANG, SUMSELJARRAKPOS.com –  Terkait dengan Situs sejarah Talang Tuo yang ada di area kawasan tanah milik salah satu anggota DPRD Kota Palembang Akbar Alfaro (Fraksi Gerindra) ditemui di sela-sela acara kegiatan silaturahmi Kadin Sumatera Selatan dengan Anindya N. Bakrie di hotel Novotel, Jum’at (21/05/21).

Untuk diketahui Situs Talang Tuo peninggalan kerajaan Sriwjaya yang terletak di Kelurahan Talang Kelapo, Kecamatan Alang-Alang Lebar, Palembang Sumatera Selatan terancam hilang akibat terbengkalai. prasasti Talang Tuwo ditemukan pada tahun pada 17 November 1920 oleh Louis Constant Westenenk. Temuan prasasti tersebut saat ini sudah disimpan di museum nasional.

Bacaan Lainnya

Dalam prasasti itu ditulis dengan aksara Palawa dan berbahasa melayu kuno dan tercantum jika di lokasi itu ada beberapa tanaman seperti pohon kelapa, pinang, aren, sagu, yang dapat dimakan, lokasi titik diduga tempat penemuan prasasti Talang Tuo ada dua makam milik Hyang Talang Tuo dan Dewa Bernua Kedua. Di batu nisan itu tertulis tahun makam yakni pada tahun saka 606 (684 masehi).

Dalam wawancara awak media dengan Akbar Alfaro mengatakan ” Kemarin kita sudah rapat dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan dan kita sudah buat tim percepatan bagaimana pengembalian dan menelusuri jejak prasasti talang tuo, kami sebagai pihak kawasan tentu saja dari awal niatan dan kesepakatan untuk mengembalikan pada tempatnya karena itu adalah kebudayaan kita yang harus kita lestarikan”, tegasnya.

Dikawasan situs talang tuo tersebut akan dibangun pondok pesantren dan situs talang tuo juga akan di renovasi sehingga berdampingan, kembali ditambahkan oleh Akbar Alfaro “dikawasan tersebut akan dijadikan destinasi wisata religi dimana pondok pesantren berdampingan dengan situs sejarah situs talang tuo”, tutupnya.

Laporan : Irwanto | Editor : DN

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *