Pertemuan Bisnis Kelapa Jambul Antara Petani dengan PT Kai Sun, Disbun Sumsel Segera Bentuk UPPK

PALEMBANG, SUMSELJARRAKPOS.com – Dinas perkebunan Provinsi Sumatera Selatan memfasilitasi pertemuan bisnis antara PT Kai Sun dengan perwakilan pedagang ekspotir, petani dan pegadang pengepul buah kelapa di Sumatera Selatan yang di selenggarakan di Hotel Amaris Palembang, Sabtu (01/05/21) sore. 

Kepala Dinas Perkebunan melalui Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan (Kabid P2HP) Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Selatan Rudi Aprian, M.Si mengatakan pertemuan bisnis ini bertujuan untuk memfasilitasi terkait rencana PT Kai Sun untuk mengadakan kerjasama dengan beberapa calon suplayer buah kelapa yang ada di Sumsel. 

Bacaan Lainnya

“Tentunya, pertemuan ini menjadi peluang emas bagi para petani kelapa yang ada di Sumatera Selatan. Dari hasil pertemuan tadi pihak PT Kai Sun membutuhkan sekitar 30 – 40 Konterner buah kelapa/Minggu yang rencananya akan di eskpor ke negeri China”ucap Rudi. 

Rudi menambahkan untuk langkah awal PT Kai Sun akan melakukan ujicoba pengiriman buah kelapa dari Sumsel ke negeri China sebanyak 2 kontener atau sebanyak kurang lebih 34 Ton. Namun, sebelumnya pihak PT Kai Sun terlebih dahulu akan mengadakan survey lapangan setelah itu, baru menentukan harga. 

“Alhamdulillah pertemuan berjalan Sukses, untuk uji coba sebelum lebaran jika harga cocok akan di kirim 2 kontainer ke Cina, kurang lebih 34 ton kelapa jambul,”sambungnya. 

Menyikapi hal  tersebut, Rudi menyampaikan Dinas Perkebunan Sumsel tentunya sangat mendukung hal ini. Bahkan rencananya ke depan akan kita bentuk Unit Pengelolaan dan Pemasaran Kelapa (UPPK). “Dengan dibentuknya UPPK nantinya mampu membantu para petani kelapa untuk mengelola dan memasarkan buah kelapa ke perusahaan sehingga dapat mempersingkat per niagaan”ujarnya. 

“Peranan UPPK nantinya hampir sama dengan Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB), namun bedanya jika UPPB khusus untuk karet sedangkan UPPK untuk kelapa. Tapi mekanisme kerjanya sama saja”tambahnya. 

Amran Sulaiman selaku perwakilan petani kelapa Banyuasin menyampaikan kami sangat mengapreasiasi kinerja Dinas Perkebunan Sumsel dalam membantu meningkatkan kesejahteraan petani kelapa. “Untuk tawaran dari PT Kai Sun yang ingin menjalin kerjasama dalam hal suplayer  kelapa  jambul, kami sangat menyambut baik hal tersebut”ungkap Amran. 

“Apabila dibutuhkan survey ke lapangan kami siap akan membantu, tapi kami akan berkoordinasi dengan pihak Dinas Perkebunan Sumsel. Seperti yang dikatakan Kabid P2HP tadi kami sangat sependapat apabila harga cocok kami siap menyediakan 34 ton untuk dilakukan ujicoba pengeriman ke negeri china”ujarnya

Amran juga menambahkan kami selaku petani kelapa tentunya sangat mendukung rencana pembentukan UPPK di Sumatera Selatan. Karena dengan terbentuknya UPPK tersebut, maka diharapkan harga jual kelapa akan semakin meningkat dengan demikian para petani kelapa diharapkan akan sejahtera. 

Sementara itu, Jafferson selaku perwakilan PT KAI Sun untuk  Sumatera Selatan mengatakan pihaknya sangat berterima kasih kepada Dinas Perkebunan Sumsel yang telah memfasilitasi pertemuan ini. 

“Kami membutuhkan calon suplayer untuk membenuhi kebutuhan ekspor kelapa jambul ke negeri china, untuk sementara, kami akan melakukan ujicoba terlebih dahulu sebanyak 2 kontainer atau kurang lebih 34 ton kelapa jambul,”tuturnya. 

Sebelum dilakukannya pengiriman tentunya, pihaknya akan mengadakan survey ke lapangan untuk meninjau langsung buah kelapa yang kami butuhkan, setelah itu, baru kami akan membicarakan masalah harga. 

“Semoga saja harga yang nanti kami tawarkan dapat menguntungkan bagi petani alias cocok sehingga dengan demikian terjalinlah kerjasama ini nantinya”pungkasnya.  (Red/Danu)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *