Kekaguman Atas Pengelolaan Sampah di Sumsel, DPRD Sumut Kunjungi Bapemperda DPRD Sumsel

PALEMBANG, SUMSELJARRAKPOS – Sebanyak 6 orang Anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BAPEMPERDA) DPRD Sumatera Utara melakukan kunjungan dan studi ke DPRD Sumsel terkait Peraturan Daerah Pengelolaan Sampah.

Rombongan yang dikomandoi oleh Thomas Dachi SH ini disambut hangat oleh Ketua  Bapemperda DPRD Sumsel, H Toyeb Rakembang bersama Tenaga Ahli/Pakar serta staf Bapemperda DPRD Sumsel, Selasa, (20/04/21).

Bacaan Lainnya

“Kunjungan kami ke Provinsi Sumatera Selatan ini bertujuan untuk mencari masukkan dalam membuat perda pengelolaan sampah di Sumatera utara,” ungkap Thomas Dachi.

Dijelaskannya, selain melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, pihaknya juga banyak mendapatkan masukan dari pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Sumsel.

“Kami banyak menerima masukan dari sana, terutama dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Sumatera Selatan tentang pengelolaan sampah, mudah mudahan kita dapat adopsi mengenai Perdanya di Sumatera Selatan,” ucap Thomas Dachi.

Diakuinya, dengan adanya kunjungan ini pihaknya berharap dapat mengadopsi beberapa hal yang akan menjadi dasar-dasar pertimbangan dalam membuat perda pengelolaan sampah di Sumatera Utara.

“Tentunya Provinsi Sumatera Utara dapat membuat hal yang sama dengan Provinsi Sumsel untuk mempelajari dasar apanya daripada perda sampah itu.

Kemudian sampai sejauh mana follow up-nya ke pihak eksekutif,” terangnya.

Thomas pun mengungkapkan, alasan timnya memilih Provinsi Sumsel untuk studi banding terkait Perda Pengelolaan Sampah karena mengingat daerah Provinsi Sumsel yang dulunya dikategorikan sebagai daerah banyak sampah kini menjelma menjadi sebagai kota Adipura.

“Tentunya hal ini yang menjadi pertimbangan kami untuk melakukan studi ke Sumsel,” ucapnya.

“Sehinggga ke depan Sumatera Utara bisa memiliki Perda tentang pengelolaan sampah dan berhasil dalam mengelola sampah yang ada di Provinsi Sumatera Utara,” lanjut Thomas, seraya menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Bapemperda DPRD Sumsel.

Di tempat yang sama, Ketua Bapemperda DPRD Sumsel, H. Toyeb Rakembang mengatakan, bahwa kunjungan Anggota Bapemperda DPRD Sumut ke DPRD Sumsel ini terkait Pelaksanaan Peraturan Daerah Pengelolaan Sampah di Provinsi Sumatera Selatan.

“Alhamdulillah, pada hari ini kita menerimanya dengan baik sehingga terjadi diskusi yang hangat, sharing dan tukar pikiran bagaimana tentang pelaksanaan Perda Nomor 20 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Sampah yang sudah kita jalankan di Provinsi Sumatera Selatan,” tutupnya.

Laporan : Andre/DN | Editor : Aak

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *