oleh

Cita Rasa Khas Sambal Jok Jok Komering

PALEMBANG, SUMSEL JARRAKPOS – Pernahkah kalian mendengar dengan istilah sambal jok jok!, bagi masyarakat Suku Komering, Sumatera Selatan sambal satu ini merupakan sambal tradisional yang sudah ada dari nenek moyang dulu kala. Namun, mungkin sebagian masyarakat di luar suku komering mungkin sambal ini kurang familiar di telinga.  

Sambal jok jok mungkin sedikit berbeda dengan sambal pada umumnya karena pembuatannya  tanpa diulek menggunakan cobek dan tidak perlu digoreng, hal inilah yang membuat sambal jok jok berbeda dengan sambal sambal yang sering kita lihat. 

Cara membuat sambal jok jok sangatlah sederhana cukup diulek di piring pakai sendok. Bahan yang diperlukan yaitu cabai rawit merah, terasi, garam, gula pasir, dan cungkediro (tomat kecil). Untuk takaran bahan sesuaikan saja dengan seleras lidah.  

Sambal ini akan nikmat jika disantap dengan nasi hangat dan disantap bersama lalap/sayur dan ikan goreng (ikan gabus, tebakang, seluang) serta bisa juga dipadukan dengan pindang khas Palembang. 

Penasaran kenapa sambal ini menjadi sambal andalan bagi masyarakat suku komering, karena sambal ini menyimpan cita rasa yang khas. Untuk tahu cita rasanya silahkan mencoba. (Danu)

Print Friendly, PDF & Email
Baca   Grand Opening Bakso Juragan Plaju, Berikan Diskon 50 Persen

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya