Antisipasi kebakaran Lahan dan kebun di PT KAM

#Sekretaris Camat Dampingi Kegiatan Antisipasi Kebakaran Lahan dan Kebun Perusahaan di PT KAM 1 wilayah Desa Terlangu, Tanjung Menang, dan Sri Bandung

BANYUASIN, SUMSEL JARRAKPOS – Terlangu Sekretaris Camat Santo S.Sos., M.Si mendampingi Ketua Tim Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuasin, Kepala BPBD Kabupaten Banyuasin, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Banyuasin serta OPD terkait mengecek kelengkapan peralatan kesiapsiagaan antisipasi kebakaran lahan dan kebun di wilayah PT KAM 1 Desa Terlangu Kecamatan Banyuasin III. Senin (22/03/21)

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini menindaklanjuti surat Bupati Banyuasin nomor 525/852-II/DISBUNNAK/2021 Perihal Himbauan Antisipasi Kesiapsiagaan Kebakaran lahan dan kebun.

Dalam kegiatan antasipasi dilakukan dengan cara pemantauan melalui pos atau tower pemantau api yang harus ada diminimal luas lahan 500 hektar, agar perusahaan membentuk tim regu Karhutlah serta menyiapkan personil untuk mencegah karhutlah.

Dalam Sambutannya Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan meneruskan arahan Bapak Presiden RI Joko widodo “terkait kemarau yang kemungkinan ekstrem, perusahaan diperintahkan harus menyiapkan Regu Tim Karhutlah untuk kesiapsiagaan terjadinya kebakaran lahan dan kebun, bahwa radius 5 km dari lingkungan perusahaan merupakan tanggungjawab perusahaan.

Kepala BPBD Kabupaten Banyuasin dalam sambutannya menyampaikan akan melaksanakan giat apel besar melibatkan seluruh stakeholders termasuk perusahaan perkebunan demi mengantisipasi Karhutlah, apel besar tersebut direncanakan pada bulan april.

Menurut kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Banyuasin, perlu formulasi standar  alat kebakaran antara perusahaan dan pemerintah, Selain itu lahan-lahan yang belum terbuka atau belum dimanfaatkan juga harus dipantau.

Sedangkan Sektetaris Camat Banyuasin III dalam sambutannya menyampaikan “harus ada komunikasi yang lebih baik lagi kedepan antara Pihak kami dan perusahaan terutama terkait karhutlah, selain itu kami meminta kepada pihak perusahan untuk rutin menyampaikan laporan kesiapsiagaan terkait karhutlah.” Pungkas Sekcam.

dari kesimpulan kegiatan di atas, Hasil giat hari ini adalah terkait jumlah personil, kesiapsiagaan peralatan dan pemantauan Lahan dan kebun rawan Kahutlah serta cuaca ekstrem yang harus di waspadai.

Laporan : Bella | Editor : Wanto

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *